WKRI Kesatrian Rawat Toleransi Melalui Baksos  Jelang HUT ke 100 WKRI

KOTA MALANG– Nuansa merawat toleransi antarumat beragama mewarnai baksos dalam rangka HUT ke 100 WKRI yang digelar WKRI cabang VI Kesatrian Kota Malang, Sabtu (22/6/2024) hari ini. Mereka membagikan paket sembako kepada warga tanpa membedakan agama, suku dan ras.

Ketua WKRI Cabang VI Kesatrian Stefani Sutarti menjelaskan pembagian  paket sembako  merupakan baksos dalam rangka HUT ke 100 WKRI. “Kegiatannya berupa pembagian sembako kepada warga sekitar gereja, pengayuh becak dan warga lingkungan gereja yang membutuhkan,” jelas Stefani.

Ia merinci paket sembako yang dibagikan berupa beras, minyak goreng, gula dan mi instan. Total  bantuan yang diberikan berupa 144 paket sembako.

Menurut Stefani, baksos ini istimewa. Sebab sesuai jargon HUT ke 100 WKRI yakni   ‘lahir kembal semakin berarti’. “Karena itu kami ingin beri arti dan kesan bagi warga, bahwa WKRI hadir untuk gereja dan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Stefani menjelaskan, sumber anggaran kegiatan ini berasal dari partisipasi anggota WKRI  Cabang VI Kesatrian. Semua anggota kata dia, sangat antusias berpartisipasi.

“Anggota sangat antusias mendukung kegiatan ini. Itu bisa dilihat dari partisipasi mereka. Semula target kami 100 paket sesuai ulang tahun WKRI. Tapi karena tingginya partisipasi anggota, jumlah paket yang terkumpul menjadi 144 paket sembako,” urainya. 

Stefani mengatakan penerima paket sembako tidak hanya umat katolik. Tapi diberikan kepada warga yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku dan ras. Sebab menurut dia, melalui kegiatan ini mereka ingin merawat toleransi yang sudah dibangun selama ini.

“Kami selalu mengutamakan toleransi. Merawat toleransi penting bagi kami. Karena itu dalam setiap kegiatan, kami selalu sematkan upaya-upaya yang menunjang terwujud dan terawatnya toleransi,” jelasnya.

Soal kegiatan yang bernuansa toleransi, Stefani mencontohkan  saat Bulan Ramadan jelang Lebaran tahun ini, pihaknya mengadakan kegiatan bagi-bagi nasi kotak. Setelah lebaran dilanjutkan baksos  di salah satu panti jompo di Gempol Sukun Kota Malang.

Sementara itu Ketua Presidium DPD WKRI Keuskupan Malang Kristina Tri Mulyani, S.Pd mengatakan kegiatan peduli  terhadap sesama merupakan salah satu pelayanan terbaik yang selama ini dilakukan WKRI.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan baksos yang diselenggarakan oleh WKRI cabang Kesatrian dalam rangka HUT ke 100 WKRI. Semoga kebahagiaan WKRI dalam merayakan dirgahayunya juga menjadi kebahagiaan masyarakat sekitar,” kata Kristina. (red)
 

.